Hal yang paling menyebalkan saat membuka sebuah website sendiri adalah karena Loading yang lambat. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Di sini saya akan berbagi kepada teman-teman cara “Bagaimana cara menambah kecepatan Loading Website”. Caranya cukup mudah dan tanpa ribet, bahkan seorang yang paham Coding pun bisa melakukannya.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini :

#1. GTmetrix

Silahkan kunjungi Website Official GTmetrix. GTmetrix adalah salah satu platform penyedia jasa analisa kecepatan halaman website. Menurut saya, dari semua platform yang adalah GTmextrix yang terbaik.

Setelah Anda menunjungi, selajutnya langsung paste url website di kolom “Analyze Performance” dan klik “Analyze“; tunggu hingga 1 menit (tergantung koneksi internet) maka GTmetrix akan memberikan beberapa laporan kepada Anda, seperti contoh gambar di bawah ini :

GTmetrix edribrow.com
GTmetrix edribrow.com

#2. Analisa Data Laporan

Gambar (GTmetrix edribrow.com) adalah laporan Performance Score dan Page Detail yang merupakan akumulasi dari penilaian yang dilakukan Website ini.

Selanjutnya, Anda harus menganalisa dengan klik setiap url dari Daftar laporan yang berwarna merah, sebagai contoh yang saya alami ada dua yaitu Ukuran Gambar dan Ukuran CSS. Bilamana Ukuran dari Gambar dan CSS Anda terlampau besar maka Anda perlu lakukan beberapa hal di bawah ini :

  • Download Gambar tersebut kemudian resize di Software editing foto favorit Anda; saya menggunakan Photoshop, kemudian lakukan replace. Jangan lupa untuk menghapus Foto lama dari Media Library.
  • Instal Plugin seperti WP Fastest Cache dan setting untuk memimalkan ukuran CSS serta semua konten yang terdapat di dalamnya.

#3. Integrasi dengan Cloudflare

CloudFlare adalah sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki fitur lebih baik dari standar CDN yang ditawarkan. Ada banyak keuntungan dan juga beberapa kerugian dari CloudFlare. CloudFlare adalah sebuah CDN yang berada ditengah-tengah antara nama domain dan web hosting. CloudFlare menyediakan keamanan tambahan untuk serangan DDoS, selain juga merupakan sumber cache statis yang membuat website dapat dimuat lebih cepat.

Saat Anda masuk ke Website Official Cloudflare, Anda akan menemukan tulisan seperti di bawah ini.

Extending Cloudflare to all your networks
Now more than ever, you need your networks to continue to be secure, fast, and reliable. Cloudflare Magic Transit offers DDoS protection and traffic acceleration for all your network infrastructure— whether on-premise, cloud-hosted, or in a hybrid environment.

Sejauh ini, saya sudah menggunakannya dan itu sangat membantu.

#4. Video Tutorial

Untuk melengkapi Artikel ini, saya menyediakan Video Tutorial untuk langkah-langkah tersebut di atas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.