Bagaimana menghadapi Kompetisi di Era Globalisasi? 4 Tips yang perlu terapkan

Bagaimana-menghadapi-Kompetisi-di-Era-Globalisasi-4-Tips-yang-perlu-terapkan

Bagaimana menghadapi Kompetisi di Era Globalisasi?

Artikel kali ini saya ingin share pengalaman saya selama menjadi seorang Freelancer. Sebelumnya, saya bekerja sebagai Freelancer Webdesign, Graphic Design dan Video Editing di Bali. Saya tidak menduga sebelumnya bilamana dapat terjun ke bidang jasa Digital. Karena memang saya bukanlah seorang yang lulus dari Sekolah Tinggi Ilmu Komputer. Semua hal yang saya kerjakan hari ini adalah hasil dari belajar sendiri atau otodidak.

Ok… tanpa berlama-lama berikut tips dari saya tentang : Bagaimana menghadapi kompetisi di Era Globalisasi? Dan ada 4 tips yang telah saya terapkan agar tetap bertahan di era globalisasi yang mana kita tidak harus tetap dapat bersaing atau berkompetisi.

PERTAHANKAN KUALITAS

Mempertahankan kualitas adalah sesuatu yang harus kamu lakukan. Kualitas yang tetap di pertahan akan berakibat kamu semakin diminati oleh orang-orang yang sebelumnya atau orang yang berencana menggunakan Jasa dari kamu.

Tanpa kualitas yang baik, kamu tidak akan terpakai. Mengapa? Saat ini banyak sekali orang-orang yang bekerja, khususnya Digital Agency yang memiliki kompetensi di atas rata-rata. Apabila saya tidak mempertahankan kualitas, maka pastinya saya akan ditinggalkan.

Oleh karenannya, cara agar tetap mempertahankan kualitas adalah dengan terus belajar. HIDUP ADALAH BELAJAR. Tanpa belajar yang terus-menerus, dapat dipastikan kualitas kita akan menurun.

MAMPU BERADAPTASI

Untuk dapat beradaptasi adalah sesuatu yang tidak mudah. Saya masih ingat ucapan dosen saya saat memberikan orasi ilmiahnya tetang Globalisasi. Globalisasi itu ibarat : “Roda Mobil yang berputar kencang”

Apa artinya, Karena Globalisasi seperti Roda yang berputar kencang, maka kita harus mampu mengikuti perputaran Roda yang kencang tersebut agar tidak terpental. Bagaimana cara agar tidak terpental? KITA HARUS MAMPU BERADAPTASI.

Kemampuan beradapsi sangat erat dengan bagaimana kita tetap up to date dengan informasi terkini. Kita harus mengetahui tren apa yang saat ini sedang terjadi atau tren yang akan datang. Caranya cukup simple yaitu dengan rajin membaca dan riset.

Apabila kamu Rajin membaca dan melakukan riset, maka secara otomatis kamu dapat beradaptasi dan tidak terpental dari Roda Globalisasi

MAU BERKOLABORASI

Kita adalah mahkluk social. Ada yang tidak setuju? Pasti kamu setuju!!! Mengapa demikian, karena kita sebagai umat manusia saling bergantung satu sama lain, kita tidak dapat hidup 1000 % independen.

Kita harus Mau Berkolaborasi dengan orang lain, dari sana kita akan mendapatkan sesuatu yang baru yang mungkin sebelumnya  kita tidak mengetahuinya. Wawasan kita akan semakin luas dan kemampuan atau kompetensi diri kita akan semakin meningkat.

Dengan berkolaborasi kita akan berlacar bagaimana orang lain dapat bangkit dari kegagalan mereka dalam menjalan bisnis. Kita akan belajar bagaimana strategi untuk menjalan bisnis agar tetap eksis.

TETAP BERINOVASI

Dari ketiga poin di atas merupakan sebuah proses yang mengakibatkan kita menjadi seorang yang inovatif. Kualitas, Adaptif dan Kolaboratif pasti akan menghasilkan inovatif.

Sampai di sini sudah muli mengerti kan bagaimana menghadapi kompetisi di Era Globalisasi? Dengan berinovasi, Makai hal itu akan menjadi daya Tarik tersendiri. Inovasi-inovasi yang kita buat akan memberikan keuntungan tersendiri, karena ide atau gagasan kita adalah sesuatu yang baru dan orang pasti suka dengan hal baru.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas kita telah menemukan jawaban tetang : “BAGAIMANA MENGHADAPI KOMPETISI DI ERA GLOBALISASI? 4 TIPS YANG PERLU ANDA TERAPKAN”.

Keputusan ada di tangan kita sekarang. Apa bila Anda ingin tetap eksis di Era Globalisasi, Ayo lakukan 4 hal di atas. Sampai sekarangpun saya tetap lakukan 4 hal di atas, mengapa? Karena belajar itu harus dilakukan setiap saat, begitu juga dengan perjualan.

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Edri brow
Edri brow

Edri Brow adalah Freelancer Desain Website dan Manajemen Media Sosial di Kupang, NTT, Indonesia sejak tahun 2016. WordPress, Open Journal System dan Slims (Perpustakaan berbasis Website) adalah bidang yang ditekuni sampai saat ini.

Recent Posts

Jenius BTPN adalah kartu Ajaib

Jenius Card | kartu Ajaib

Jenius Card adalah kartu kartu Ajaib Jenius adalah sebuah aplikasi perbankan digital. Aplikasi ini membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan

Read More »