0%
Posted inPlugin Optimasi Website

SEO untuk Website : Sebuah pengantar untuk Pemula

Dasar-dasar SEO untuk Website

Apakah Anda sudah pernah dengan Dasar-dasar SEO untuk website? Saya pikir untuk seorang blogger, istilah SEO sudah sangat akrab dipendengaran mereka. sebenarnya, yang perlu SEO itu siapa sih? Apakah cuman seorang blogger? Tidak, sebenarnya SEO itu wajib untuk semua orang yang ingin berkembang dengan Website.

SEO atau search engine optimization atau dalam bahasa : optimalisasi mesin pencari. Ada beberapa mesin pencari yang paling popular di antaranya : Google dan Bing.

Sebelum saya menjelaskan dasar-dasar SEO saya ingin saya akan menjelaskan apa benefit dari SEO itu sendiri.

Benefit SEO untuk Website

  1. Website Anda lebih mudah untuk ditemukan di mesin pencarian dengan keyword tertentu atau sesuai dengan domain website Anda; misalnya bila Anda ketik : Edri Brow, maka Anda akan menemukan website saya.
  2. Top Ten di Google search engine atau website Anda berada di 10 besar halaman pertama pencarian Google saat orang mencari sesuai yang sesuai dengan keyword yang Anda tentukan.
  3. Menambah banyak pengunjung pada website Anda, karena umumnya orang akan memilih website yang ada di 100 besar halaman pertama google sebagai refrensi utama.

Setelah Anda mengetahui apa saja benefit dari SEO, maka hal paling utama yang harus diketahui adalah dasar dari SEO untuk website, dalam hal ini saya akan menjelaskan sesuai pengalaman yang saya lakukan untuk website pribadi saya dan beberapa client.

Unsur-unsur SEO Untuk Website

Dalam artikel ini, sebagai contoh saya akan gunakan “Jagung Ketemak ala Febby

Headline | Judul

Headline biasa disebut dalam bahasa adalah Judul. Judul ini dapat digunakan pada Laman atau postingan dalam sebuah website. seperti yang saya tulis di atas yaitu “Jagung Ketemak ala Febby“, judul ini muncul karena ada tawaran dari Ibu Febby untuk test Jagung Ketemak yang ada di Dekranasda. Bila ingin membaca reviewnya silahkan klik disini

Pemilihan Headline harus menarik, karena tidak hanya Anda yang menulis tentang jagung ketemak di internet. Menurut saya, headline yang saya pilih cukup unik karena ada tambahan ‘ala “febby” di sana.

Sub Headline | Sub Judul

Sub Headline adalah judul yang ada dalam tulisan Anda, sebagai contoh “Sub Headline” ini adalah Sub Headline itu sendiri karena ada di dalam tulisan. Sebagai contoh, bila Anda menulis menggunakan Microsoft Word, maka Anda akan temukan Heading 1, Heading 2, dan seterusnya untuk penanda Headline yang selanjutnya fitur tersebuh akan mempermudah untuk membuat daftar isi.

Sub Headline harus sesuai dengan Headline atau judul utama dari postingan Anda. seperti misalnya dalam artikel ini “Dasar-dasar SEO untuk Website” pada salah satu Subheadline saya tulis “Benefit SEO untuk Website” yang mana Headline dan Sub Headline selaras.

Keyword | Kata Kunci

Keyword atau kata kunci. Ini adalah hal yang sangat penting untuk website Anda agar dapat ditemukan pada mesin pencari google. Keyword yang saya gunakan adalah “Jagung Ketemak“, maka dalam Sub headline dan setiap paragraf dalam tulisan saya ada kata kunci ini.

Hal yang perlu diingat agar keyword yang Anda gunakan dapat muncul pada halaman pertama adalah dengan menggunakan keyword dengan kompetitor yang sedikit. Di sini Anda perlu melakukan riset menggunakan Google Trens untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk Anda.

Syarat SEO untuk Website

Setelah Anda melakukan semua hal di atas, maka hal yang tidak kalah penting dan sebagai syarat mutlak agar website Anda muncul pada pencarian adalah dengan melakukan indexing Website pada Google Search Console; Bagaimana caranya? Lihat Video di bawah ini :

Indexing Website pada Google merupakan sebuah upaya untuk memperkenalkan Website Anda kepada mesin pencarian. Dengan melakukan indexing, sitemap atau peta website Anda akan dibaca sepenuhnya oleh Google itu sendiri.

Alat SEO untuk Website

Berikut adalah alat-alat yang saya gunakan dalam proses SEO untuk Website, antara lain:

Extensions Google Chrome

Dalam Google Chrome ada beberapa alat yang Anda dapat gunakan untuk SEO. Salah satunya yang bisa saya gunakan adalah Keywords Everywhere – Keyword Tool. Extensions ini akan membantu Anda untuk menemukan rekomendasi kalimat untuk headline yang Anda gunakan.

Rekomendasi kalimat dari extensions ini juga akan membantu Anda yang bukan notabene seorang penulis seperti saya dipermudah untuk meramu dan merangkum kalimat tersebut dalam sebuah paragraf yang baik.

Menulis itu adalah satu hal yang mudah karena kita hanya menuliskan apa yang ada dalam pikiran kita. Apa yang muncul dalam kepala, itu yang di tulis.

Mudah bukan?? Yang Anda harus lakukan adalah, biasakan menulis. Lambat laun, hal itu akan menjadi kebiasaan

Plugin

Saya membuat website menggunakan CMS atau Content Management System WordPress. Maka yang saya butuhkan adalah Plugin. Adapun plugin yang saya gunakan antara lain :

  1. Yoast SEO
  2. Rank Math

Plugin ini akan membantu Anda untuk melihat ketentuan-ketentuan seperti :

  1. Apakah Keyword sudah terpenuhi dalam Subheadline dan Paragraf tulisan atau belum?
  2. Apakah jumlah kata Anda sudah cukup atau belum? Sejauh yang saya ketahui, jumlah kata dalam sebuah artikel atau postingan minimal 600 kata.

Kesimpulan SEO untuk Webiste

Kesimpulan untuk dasar-dasar untuk website adalah dengan mengikuti semua langkah-langah di atas sembari mencari refrensi yang lainnya. Saya adalah salah satu orang di internet yang membahas tentang SEO.

Anda juga dapat mencari di UDEMY untuk menambah wawasan dan ilmu dalam memperlajari SEO dasar.

Semoga informasi ini bermanfaat.

 


Leave a Reply

Chat Sa?