3 tips Awal membuat Blog di WordPress

Tips tips Awal membuat Blog

3 tips Awal membuat Blog di WordPress

Apakah Anda seorang Penulis atau Blogger? Apabila benar maka ini adalah Artikel yang tepat untuk Anda baca dan praktekkan.

Dalam artikel ini saya hanya fokus persiapan Awal pembuatan Blog sendiri menggunakan WordPress. Membuat Blog itu sangat berbeda dengan Web Profile Company dan website lainnya.

Ok… Tanpa berlama-lama. Jadi ini adalah langkah pertama serial “Tutorial membuat Website Blogger”

Beginilah tahap awal pembuatan blog

1. Halaman Website

Website blogger umumnya tidak memiliki terlalu memiliki banyak halaman seperti E-commerce dan Website lainnya. Hal itu karenakan Website Blogger hanya fokus membuat konten informatif yang hanya ditulis pada postingan. Halaman yang perlu dibuat untuk Website blogger :

a. Homepage untuk halaman utama Website.
b. About untuk halaman team, deskripsi singkat Website, testimony, dll.
c. Portfolio untuk halaman project-project yang dikerjakan.
d. Contact untuk halaman instruksi kepada orang yang ingin menghubungi kita
e. Disclaimer untuk melamar jadi publiser di Google Adsense.
f. Privacy Policy untuk melamar jadi publiser di Google Adsense.
g. Sitemap Untuk sitemap Anda dapat menggunakan plugin SEO.

2. Kategori Postingan Website

Jadi dalam setiap Artikel atau tulisan tentunya memiliki Kategori. Sebagai Contoh, Bila Anda menulis tentang “Samsung Galaxy” maka dalamnya kategori “Smartphone” sedangkan “10 Pantai terindah di Kabupaten Alor” adalah “Destinasi Wisata.” Pembuatan Kategori tersebut Anda yang akan menentukannya sendiri sesuai dengan Terminologi yang Anda pahami.

Dalam kategori sendiri memiliki terdiri dari 2 macam yaitu kategori utama dan sub kategori. kategori Utama adalah kategori yang mewakili Sub kategori. Sebagai contoh : “Smartphone”, sub kategorinya adalah : Iphone, Android, Windows dan Blackberry selanjutnya Sub kategori untuk iphone, android, windows dan Balackberry adalah Tipe atau versi, nama, dll. Sekali lagi itu semua Anda yang akan tentukan sendiri.

3. Menu Website

Menu Website umumnya terdiri dari 3 yaitu Main Header, Top Header dan Footer. Dalam membuat Menu Anda bebas berkreasi sesuai keinginan Anda. Walau demikian, saya memiliki gaya tersendiri yaitu :

a. Header terdiri dari Home dan Semua kategori.
b. Top Header terdiri dari About, Portfolio dan Contact.
c. Footer terdiri dari Disclaimer, Privacy Policy dan Sitemap.

Mengapa harus mengikuti 3 langkah Tips-tips Awal membuat Blog? Itu pertanyaan yang bagus? Karena itu adalah jantung dari sebuah blog. Jadi Anda harus sudah mempersiapkannya sebelumnya sebelum membuat semua Tulisan Anda.

Saya sarankan untuk sudah persiapkan tulisan minimal 30 artikel dengan 4 kategori yang berbeda sehingga tidak ada kekosongan dalam pada halaman-halaman kategori.

Akhirnya, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda yang ingin memiliki Website Blogger sendiri.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Edri brow
Edri brow

Edri Brow adalah Freelancer Desain Website dan Manajemen Media Sosial di Kupang, NTT, Indonesia sejak tahun 2016. WordPress, Open Journal System dan Slims (Perpustakaan berbasis Website) adalah bidang yang ditekuni sampai saat ini.

Recent Posts

Jenius BTPN adalah kartu Ajaib

Jenius Card | kartu Ajaib

Jenius Card adalah kartu kartu Ajaib Jenius adalah sebuah aplikasi perbankan digital. Aplikasi ini membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan

Read More »